Cara Mudah Mereview Tulisan

Saya memiliki banyak blog di internet, namun bingung harus di isi dengan apa blog-blog tersebut. Hal mustahil bagi diri saya untuk mencari inspirasi sendiri dalam menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Maka dari itu, salah satu jalan keluarnya adalah dengan cara melakukan review tulisan.

Mereview sebuah tulisan adalah cara baru untuk menulis didalam sebuah blog jika blog tersebut akan kita jadi untuk menghasilkan uang. Review sebuah tulisan merupakan kegiatan menulis ulang tulisan yang ada dengan gaya bahasa sendiri si penulisnya.

Seperti halnya dalam mencari inspirasi, bukan berarti diam dan memikirkan inspirasi itu sendiri. Tapi dengan cara mereview sebuah tulisan kita diharuskan untuk mencari sumber terlebih dahulu, baru kita ikuti tulisan itu dengan cara diracik sedemikian rupa sehingga tulisan kita dengan yang aslinya tidak sama percis.

Berikut saya paparkan caranya :

  1. Cari sumber, dalam pencarian sumber bisa kita menggunakan jasa mesin pencari Google, maupun dari buku-buku dan catatan lainnya yang sesuai dengan bahasan blog kita.
  2. Gunakan notepad, setelah kita menemukan sumbernya posisikan sumber berada setengah halaman di atas layar kaca monitor kita dan dibawahnya lagi notepad. Sambil membaca sumber kita juga mulai mengetikan kata demi kata sesuai dengan gaya bahasa kita sendiri, jangan sama percis pengolahan katanya dengan sumber.
  3. Update, setelah ditulis kedalam notepad mulai update/posting di blog, namun harus dibaca ulang untuk memperbaiki kata-kata yang salah ketik.
  4. Beri tanda pada keyword, didalam membaca ulang tadi, cari kata-kata yang sekiranya sesuai dengan keyword blog kita, lalu kita bold (cetak tebal) maupun dikasih link ke internal blog kita.

Dengan cara tersebut yang saya paparkan, selain membantu untuk bisa mereview sebuah tulisan, bisa juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran ilmu Seo artikel. Saya sudah menerapkan cara tersebut di atas di beberapa blog yang saya miliki dan hasilnya pun memuaskan.