Keistimewaan Bulan Ramadhan di Indonesia

Bulan Ramadhan adalah bulan yang senantiasa di tunggu-tunggu umat Muslim seluruh belahan Dunia. Bulan Ramadhan juga dikenal dengan bulan yang penuh akan berkah hidup dunia maupun akhirat. Rahmat Alloh SWT senantiasa mengucur pada setiap do’a hamba-hambanya. Jutaan nikmat dirasakan setiap hamba yang senantiasa menjalankan ibadah Shaum, meski dalam keadaan lapar namun nilai kenikmatan yang dirasakan pada bulan ini tak akan terganitakn oleh nikmat-nikmat dari bulan-bulan lainnya. Subhanalloh . . . . .

Kembali ke judul, mengapa penulis katakan bahwa bulan Ramadhan sangat istimewa di Indonesia adalah karena masyarakat Indonesia sendiri ketika menjelang bulan yang penuh dengan limpahan Rahmat ini selalu menyambutnya dengan keunikan-keunikan yang tidak akan ditemukan di negara manapun. Gak percaya.??? Simak dengan seksama point-point yang akan saya bahas satu-per-satu berikut ini.

  1. Munggahan
    Pada awal Ramadhan tiba sebagian umat Muslim di Indonesia merayakan apa yang dinamakan Munggahan (dalam basa Sunda yang berarti permulaan). Tradisi ini terus terjaga hingga kini tanpa diketahui bagaimana sejarah tentang tradisi Munggahan ini. Munggahan dilakukan disaat H-1 awal bulan Ramadhan, setiap umat Muslim kembali ke kampung halaman atau ke sanak keluarga untuk merayakan tradisi ini bersama-sama dengan keluarga masing-masing. Bahkan banyak perusahaan yang khusus meliburkan para pekerjaanya pada H-1 awal Ramadhan hingga H+1. Nilai positif yang didapatkan dari tradisi ini adalah kebersaaman dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan uniknya tidak akan ditemukan di negara lainnya. Gak percaya.??? Silakan anda cari sendiri diberbagai media, baik mau dari google atau surat kabar. Jika perlu anda tanyakan kepada keluarga anda yang ada diluar negri (jika ada).
  2. Public Figure Berhijab
    Mungkin untuk yang satu ini anda sendiri bisa menyaksikan ditayangan televisi ataupun disurat kabar banyak para artis wanita yang jika pada bulan-bulan yang lainnya berpenampilan terbuka sedangkan saat bulan Ramadhan setidaknya mereka mau untuk berhijab. Uniknya lagi coba anda perhatikan artis yang (maaf) non-muslim, mereka seperti terhipnotis dengan mau-maunya berhijab meskipun tidak semuanya tertutup. Subhanalloh . . . . . Nilai positif yang dapat diambil adalah betapa mulianya bulan yang satu ini sampai-sampai memberi pengaruh positif baik pada masyarakat Muslim maupun non-muslim. Allahu Akbar . . . . .
  3. Omezet Pedagang Meningkat
    Pesat Hal umum ini mungkin anda sering mendengarnya, setiap bulan Ramadhan omzet parang pedagang biasanya meningkat pesat bahkan ada yang hingga ratusan persen. Mungkin inilah yang dinamakan bulan yang penuh dengan Berkah. Makanan manis seperti kolak atau apapun yang manis-manis dan tidak begitu terkenal atau sering dinikmati pada bulan yang satu ini akan menjadi sesuatu yang tidak akan asing lagi. Contoh lain adalah Dian Pelangi, designer yang terkenal dengan hijab gaya modern. Tidak hanya hijab ala Dian Pelangi saja yang laku, namun perempuan yang satu ini kini telah banyak dikenal di kalangan dunia design tanah air berkat karya-karyanya yang sudah menjadi hal biasa namun dikemas dalam bentuk yang tidak biasa. Lagi dan lagi bulan Ramadhan menjadi bulan yang begitu istimewa ketimbang bulan yang lainnya.
  4. Media Hiburan Bertemakan Religi
    Bagi anda yang dalam kesehariannya menyempatkan diri untuk nonton TV mungkin dapat melihat sesuatu yang drastis dari setiap acara yang ada di TV. Semua iklan bernuansakan hari kemenangan, para penyanyi berdendangkan lirik-lirik surgawi, sinetronpun demikian bukan.??? Dan bahkan acara dini hari yang biasanya tidak tayang dibulan lain, namun di bulan Ramadhan ini tayang dini hari demi menemani santap sahur dan tidak sedikit acara tersebut yang tanyang secara langsung alias live. Subhanalloh . . . . .
  5. Sesuatu yang Baru
    Mengenai sesuatu yang baru seperti halnya baju baru, celana baru maupun sandal baru memang tidak ada dalam Islam dan Islam sendiri tidak mengharuskan membeli sesuatu yang baru dibulan ini. Namun tahukah anda jika budaya membeli sesuatu yang baru tersebut hanya ada di Indonesia.??? Masih gak percaya.??? Cek aja google 😀 Dibalik keistimewaan bulan Ramadhan tersimpan sesuatu yang unik di Indonesia ini. Kita ambil positifnya saja, mungkin baju baru itu menggambarkan bahwasanya setelah bulan Ramadhan berakhir kita akan kembali membuka lembaran kehidupan yang baru dan kembali kepada Fitri kehidupan masing-masing. Mungkin itulah gambaran dalam dunia nyata untuk mengungkapkan hari nan Fitri. Wallahu’alam bissawab
  6. Budaya Mudik
    Nah kalo yang satu ini tanpa ada pemeperanpun anda akan sangat mengenalnya bukan.??? Karena di Indonesia tiada Idul Fitri tanpa mudik. Dan lagi dan lagi budaya mudik ini hanya ada di Indonesia. Wow bukan.???

Jika anda menumukan hal unik yang lainnya mengenai keistimewaan bulan Ramadhan di Indonesia munkin bisa anda kirimkan ke penulis untuk ditambahkan ataupun anda juga bisa menambahkannya dikolom komentar. Namun terlepas dari itu semua semoga bulan Ramadhan yang suci, penuh Rahmat, bulan pembawa berkah ini senantiasa dapat memberikan dampak positif untuk hati kita semua. Semoga bulan Ramadhan yang telah kita lalui maupun yang akan kita lalu bisa menjadi jembatan yang akan menghubungkan kita ke arah kehidupan yang lebih baik. Serta mampu menghubungkan kita untuk lebih dekat dan dapat meraih Surga Alloh SWT. Ameen 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.