Tidur Lebih Awal untuk Bangun Lebih Awal

Tidur merupakan suatu kebutuhan pokok manusia, penulis yakin jika tidak ada manusia yang tidak pernah tidur. Meski ada suatu penyakit yang dinamakan insomnia, penyakit ini merupakan suatu penyakit dimana orang yang menderitanya akan mengalami kesulitan yang teramat sangat untuk tidur. Si penderita meski meminum obat tidur untuk mengobatinya. Tidur itu menurut penulis merupakan suatu nikmat yang mana jika kita tidak bisa mendapatkannya tersiksalah kita, termasuk si penderita insomnia tadi. Hidupnya penuh dengan rasa resah-gelisah, ketidak-tenangan dimalam hari ia sendiri.

Dalam tulisan kali ini penulis akan memberikan sebuah cerita yang mengceritakan seseorang yang selalu tidur lebih awal dari teman yang lainnya demi untuk bisa bangun lebih awal pula dari yang lainnya. Sebut saja namanya Andre, Andre merupakan seorang remaja yang sedang kuliah di Bandung. Ia tinggal ditempat kost yang berupa rumah kontrakan bersama ke-empat orang teman lainnya yang sama-sama masih seorang mahasiswa pula. Tempat kost dimana Andre tinggal sangatlah luas, terdiri dari banyak kamar dan ruangan tengah tingkat dua yang lebar. Berlima saja tidak cukup untuk mengisi keluasan kostan tersebut. Sehingga setiap malam selalu saja ada teman-teman kuliahnya yang ikut tinggal ditempatnya. Bahkan tidak jarang dalam semalam itu ditinggali oleh 20 orang. Mengapa teman-teman Andre dan teman-teman dari teman sekostan yang lainnya memilih tempat Andrea adalah karena letaknya yang strategis. Tempat kostan Andre tersebut beraada ditengah-tengah beberapa universitas dimana tempat mereka menimba ilmu. Sehingga jika ada mahasiswa yang tinggal bersama orang tua namun jauh, jika kemalaman langsung saja tanya Andre dan teman yang lainnya untuk ikut tidur ditempat Andre (bagi yang kenal dengan Andre dan teman sekostnya). Jika kamu berfikir itu adalah hal yang mungkin merupakan kerugian bagi yang bayar kost, kamu salah tuh. Karena teman-teman yang pada ikut tidur disitu tentulah tau diri, jika pada awal bulan pembayaran uang kost mereka selalu patungan untuk ikut menambah biaya kost, ada yang Rp. 20.000 ada yang Rp 5.000 bahkan ada pula yang sampai Rp. 50.000, tentu ini akan sangat meringankan biaya sema tempat kost tersebut mengingat banyaknya orang yang numpang menginap.

Tidak hanya itu saja keuntungan untuk Andre dan teman yang lainnya lho sob, Andre juga terkadang suka makan gratis. Pasalnya setiap orang yang menginap mereka selalu membawa makanan, memang tidak semua orang membawanya, namun setiap malamnya selalu saja ada yang ingat membawa makanan. Tempat kost Andre juga sering dijadikan tempat perkumpulan para mahasiswa diberbagai maca fakultas dan universitas yang berbeda, mereka juga selalu membuat agenda tiap minggunya untuk saling berbagai ilmu pengetahuan. Pokoknya mantep banget deh tuh kostan. Yang punya kost adalah seorang haji, pak haji selalu mengontrol kegiatan yang dilakukan ditempatnya itu. Meski tidak setiap malam namun dalam seminggu meski adanya pengontrolan. Namun pak haji tidak merasa was-was jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ditempat kostnya karena ia tahu sendiri jika penghuninya benar-benar orang yang tidak hanya tinggi ilmu namun juga bisa menerapkan dikehidupannya masing-masing.

Yang namanya anak kost apalagi mahasiswa, tentu memiliki seribu kegiatan keremajaan. Diantaranya, ada yang suka nge-band, sangat serius belajar, hingga yang ikut nimbrung saja. Setiap malamnya itu tempat kost selalu ada saja teriakan dari orang yang bernyanyi lengkap dengan perlengkapan bandnya. Semua itu berdampak mereka tidak selalu tidur sore-sore atau tengah malam, biasanya mereka pada tidur sekitar jam 3 dini hari atau paling sore itu sekitar jam 1 malam. Setiap malam selalu saja begitu. Namun lain lagi dengan Andre, ia adalah anak yang tidak terbiasa untuk tidur malam-malam. Ia paling kuat tidak tidur sampai jam 12 malam, biasanya ia sudah tidur sekitar jam 10 sampai 11 malam. Ia juga anak yang bertanggung jawab, rajin dan tidak suka perfoya-foya. Ia punya kamar sendiri di lantai dua yang paling pojok. Ia memilih kamar tersebut untuk menghindari kebisingan dari suara nge-bend-bend-an teman-temannya. Teman-temannya selalu mengingatkan Andre untuk tidak tidur sore-sore, pernah Andre tidak mengikuti kegiatan mereka nama ia rasa matanya tidak dapat lagi mampu menahan kantuk di jam 12 malam. Tertidurlah ia pada jam segitu, tidak sedikit teman-temannya yang melontarkan kata payah kepadanya, namun ia hanya tersenyum, ia berfikiran “Ya, mau gimana lagi. Wong saja gak terbiasa untuk tidak tidur lebih dari jam 12, terus mau beralasan juga beralasan apa toh apa yang mereka katakan itu pada kenyataannya memang benar”.

Mungkin dari itu semua ada sebuah hikmah yang bisa Andre rasakan setiap paginya, yakni ia bisa banggun subuh-subuh sekitar pukul 04:30, dan pada waktu itu teman-temannya sedang pada bermimpi lengkap dengan gemuruh dengkur yang cetar membahana. Yang namanya mahasiswa memang banyak jam kuliah yang dimulai pada jam 9 pagi, sehingga itu tidak akan berpengaruh pada mereka yang terbiasa bangun siang. Andre juga merupakan seseorang yang senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian tempat tinggalnya, yang namanya mahasiswa itu tau sendirikan kamu, apalagi ini serupakan sekumpulan mahasiswa. Setiap paginya selalu saja ada sampah yang meski Andre bereskan, mulai dari bekas kacang, sakar rokok, minuman dalam kemasan dan lainnya. Dan Andrelah yang membersihkannya tanpa mengeluh, tidak jarang ia juga sering mendapat pesanan dari temannya untuk dibangunkan pada jam tertentu. Yah tentulah Andre melakukannya, karena ia juga merasa kasihan pastinya jika ada temannya yang kesiangan bangun untuk berangkat kuliah. Andre juga setiap hari yang memasak nasi untuk makan, ia tidak memasak lauknya karena didekat tempat kostnya ada warung yang menyediakan lauk-pauk dengan harga yang cocok untuk kantong anak mahasiswa. Yang pasti beruntunglah ada Andre yang selalu bangun lebih pagi ketimbang teman yang lainnya untuk membereskan, membangunkan, dan memasak nasi untuk teman-temannya.

Suatu hari Andre pergi dari kostan beberapa hari untuk menjenguk ibunya yang sedang sakit dikampung, ia pergi dengan pamit terlebih dahulu kepada temannya. Dan temannya juga mau bilang apa, toh itu menjenguk orang tua memang kewajiban seorang anak. Mereka mempersilakan Andre untuk menjenguk ibunya, tanpa sadar untuk apa Andre meski meminta izin terlebih dahulu kepada mereka padahalkan mereka tidak punya wewenang atas kehidupan Andre. Mereka merasa aneh mengapa Andre meminta izin segala kepada mereka, namun semua itu tidaklah menjadi pemikiran bagi mereka.

Diceritakan Andre sudah pulang dari kampung dan langsung pergi ke kostannya. Semua teman-temannya menyambutnya dengan sangat gembira. Andre bingung mengapa mereka menyambutnya dengan begitu meriah, hingga pada akhirnya ada seseorang yang bilang ke Andre bahwa selama ia tidak ada, dikostan tidak ada yang mebereskan sampah, menyiapkan makanan serta tidak ada yang bisa membangunkan mereka jika kesiangan. Memang pada saat itu Andre melihat sekeliling kostan banyak sampah dimana-mana, perlengkapan makan tidak ada yang cuci, rumah tidak ada yang membereskan, pokoknya sudah seperti kapal pecah deh. Membersihkannya memerlukan waktu seharian bagi Andre sendirian, mungkin ia lebih punya rasa yang dewasa ketimbang teman-teman yang lainnya, ia lebih punya tanggung jawab untuk menjaga tempat kostan. Ia berfikir mungkin inilah anugerah yang diberikan kepada tuhan untuk dirinya yang tidak terbiasa tidur sampai larut malam, dan ia bisa bangun lebih awal daripada teman-teman yang lainnya. Ini juga menjadi perlajaran bagi teman-teman Andre bahwa mereka ternyata sangat menyadari bahwa diri mereka masih bergantung kepada orang lain. Kini tidak ada satupun dari mereka yang mencemooh Andre, mereka sadar jika tidak ada Andre dikostan tersebut semuanya akan serba berantakan tak karuan.

Mungkin itu saja sob yang bisa penulis sampaikan dipagi hari yang cerah ini. Gimana ceritanya.??? Apakah yang bisa kamu ambil dari sepenggal cerita tersebut.??? Jika kamu rasa kurang dan mendapatkan adanya kekurangan, penulis mohon maaf deh. Mengingat penulis juga manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf. Nantikan tulisan yang lainnya di TulisanTulisan.COM yah sob dan tetap berkomunikasi lewat pena OK ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.