Tatkala Pemikiran yang Tak Berkembang

Sebagai seorang yang harus memicu pemikiran yang berbeda setiap harinya, ada kalanya suatu saat hilang atau pemikiran tersebut tidak berkembang. Rasa bimbang kala itu akan terasa begitu menusuk tulang rusuk hingga tak mampu untuk terus bergerak, hampa dalam kehambaran yang terus menghantui tak berujung. Tiada celah rasanya untuk meloloskan diri dari jurang kehampaan yang tak tahu akan dimana ujungnya. Sedikit demi sedikit terus menggali pemikiran dengan harapan akan mendapatkan secerca pencerahan untuk menuai ide-ide baru untuk kemudian dituangkan pada kanvas tulisan. Bingung harus berbuat apa, gagap tangan ini untuk melanjutkan menulis. Tapi apa boleh buat ini adalah jalan yang meski dilalui untuk kemudian dinikmati, meski tak terasa nyaman pada awalnya. Namun keyakinan di dalam diri terus bertumbuh dan bertumpu pada cita yang diperkuat asa dalam dada.

Seperti halnya mendaki gunung, sebelum mencapai puncak akan mendapat berbagai kesulitan, rasa letih, kebingungan akan langkah yang harus diambil. Tersesat dalam hutan belantara yang mana berhenti akan mati dan berlanjut akan mendapatkan kemungkinan untuk tetap hidup meski bertumpu pada segenggam harapan. Dikala sudah mencapai puncak, akan mendapatkan keindahan yang tidak akan dapat dirasakan dikala dibawah, melihat ke tempat yang telah dilalui, membayangkan tatkala berada disana dan kini sudah dapat merasakan apa yang dulu tak pernah dikira untuk dirasakan. Melihat pengalaman, memupu kegelisahan, terbuai keindahan.

Dimana ada jalan yang menanjak tentulah akan menemukan jalan yang menurun setelahnya. Namun diantara itu semua tentu ada suatu puncak yang mungkin akan selalu didambakan bagi para pendakinya. Berharap rasa puas akan keindahan mampu menghapus segala keletihan bekas kekecewaan dalam perjalanan. Tak selamanya akan terus bersedih, tak selamanya pula akan merasa senang. Ada berbagai jalan yang meski dilalui untuk mencapai sesuatu, apakah itu dari senang menuju sulit atau sebaliknya. Namun dari itu semua ada sesuatu yang sangat penting dan harus ada dalam setiap jiwa. Semangat, ya benar semangat yang akan mampu memudarkan segala rintangan yang akan menerjang. Tetap menjaga semangat dan terus bersemangat menghadapi apa yang akan dilalui ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.