Membuat Cerita Bersambung untuk Check Point

Bagi seorang penulis harian atau penulis yang mengangkat topik satu-satu dalam setiap karyanya tentu pastilah sering merasakan yang namanya tidak memiliki suatu objek yang akan dijadikan topik dalam tulisannya tersebut. Yang ada hanyalah menatap selembar kertas kosong dengan pena ditangan. Mengerturkan alis dan memijat-mijat kepala berharap ide-ide baru akan muncul untuk kemudian dituangkan ke dalam tulisan. Namun disini penulis akan sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana caranya untuk menanggulangi masalah tersebut.

Cara yang penulis anggap efektif sejauh ini untuk mengisi kekosongan akan ide-ide baru yang harus dimunculkan adalah dengan membuat sebuah cerita yang sifatnya bersambung atau continue. Cerita tersebut dapat diangkat dari kisah nyata atau bahkan fiksi. Penulis ambil contoh, penulis menjadikan seekor kancil kecil sebagai objek atau tokoh dalam sebuah tulisan bersambung tersebut. Maka penulis angkatlah alur maju yang berupa kehidupan si kancil tersebut sehari-hari, ceritanya bisa saja sama dengan sebuah diary. Maka dengan demikian setidaknya kita akan memiliki sebuah objek tetap dan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bagaimana menjadikan si objek tersebut menjadi memiliki sebuah cerita tersendiri di dalamnya.

Ada lagi yang bisa dilakukan adalah misalnya membuat sebuah tokoh dengan karakter tersendiri. Kita membuat sebuah karakter khusus kedalam selembar kertas, kita buat rincian dari karakter tersebut, mulai dari watak, latar belakang, sosial, budaya dan hal lainnya yang menyangkut dengan kehidupan di lingkungan. Setelah selesai dengan karakter yang utuh, barulah kita coba membuat cerita didalamnya. Cara ini sama halnya dengan cerita bersambung si kancil diatas hanya saja lebih spesifik dan bisa dibuat nyata apa adanya karena ini memang menyangkut kehidupan yang sebenarnya.

Mungkin hanya itu yang bisa penuli sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang ada didalamnya bisa bermanfaat. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata yang mungkin kurang berkenan dihati pembaca sekalian ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.