Penulis Spontan

Spontanitas adalah segala sesuatu yang terjadi dengan mengikuti alur alakadarnya. Apa yang terjadi pada saat itu maka langsung diangkat sebagai sebuah objek khusus tanpa memikirkan akan dibuat seperti apa cerita dari objek tersebut nantinya. Dari sekian banyak model tulisan ada dianyatanya yang disebut tulisan spontan atau tulisan yang tidak memerlukan pemikiran yang panjang untuk menghasilkan sebuah karya. Hanya dengan sebuah objek kecil saja sudah dapat menghasilkan karya, meski tidak komplesk atau spesifik.

Namanya juga spontan, jadi apa yang ada dalam pemikiran waktu itu yang langsung saja dijadikan sebuah karya. Tanpa ribet dan tanpa ambil pusing, apapun yang ada pokoknya harus menjadi sebuah karya baik itu dengan cerita yang singkat atau bahkan kurang jelas. Cara ini biasa dilakukan bagi mereka yang memiliki target tulisan setiap harinya namun memiliki keterbatasan dengan objek yang akan diangkat. Tentu daripada ambil pusing, mending langsung membuat karya apa adanya.

Namun dengan kemampuan lebih, tulisan spontan tersebut sebenarnya bisa dikembangkan lebih baik lagi. Dari mulai kemahiran dalam pengolahan kata, menggunakan peristilahan khusus hingga membuat tulisannya tersebut berbelit-belit dan pada akhirnya akan menciptakan karya yang panjang pemaparannya. Dengan demikian jadilah sebuah karya utuh hasil dari kespontanitasaan yang ditambah dengan kemampuan mengolah tulisan-tulisan tersebut.

Menjadi seorang penulis spontan tidaklah sulit asalkan kita mampu untuk melihat kesempatan terciptanya sebuah objek. Objek-objek tersebut bisa diambil dari kisah atau kejadian nyata atapula dari pemikiran yang melibatkan imajinasi. Misalkan penulis ambil contoh, kecoa adalah binatang yang menjijikan. Jika kamu seorang penulis spontan mungkin bisa menjadikan kecoa itu sebagai sebuah objek tulisan. Kecoa adalah binatang yang umum bagi setiap orang dan setiap orang juga tentu mengenal apa itu kecoa. Nah disinilah peran seorang penulis spontan untuk mengangkat objek kecoa tersebut sebagai sebuah cerita pada nantinya, apa itu mulai dari mana kecoa tersbut muncul, kecoa terbang hingga kecoa tidak menggunakan mata untuk melihat. Tentu itu akan menjadi sesuatu yang menarik jika dapat diolah kedalam sebuah cerita dengan gaya penyampaian yang tidak biasa.

Mungkin hanya iyu saja yang bisa penulis sampaikan. Selebihnya penulis mohon maaf jika terdapat sepatah atau dua patah kata yang kurang enak untuk dibaca dan mungkin saja tidak berkenan dihati pembaca sekalian. Salam TulisanTulisan.COM ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.