Pilihan Pertama Memang yang Terbaik

Memilih merupakan sesuatu yang beresiko tinggi terhadap sebuah perubahan. Memilih juga merupakan pekerjaan yang memerlukan pertimbangan dan perhitungan yang sangat matang. Memilih dikatakan beresiko jika pilihan tersebut adalah pilihat yang sifatnya menyangkut hajat sebuh kehidupan, seperti memilih pendamping hidup, memilih pemimpin, memilih pekerjaan dan memilih yang lain-lainnya.

Terkadang kita selalu dihadapkan dengan beberapa pilihan, baik itu pilihan yang tidak terlalu berpengaruh hingga pilihan yang memang memiliki pengaruh yang luar biasa bagi diri kita. Memilih tas mana yang mau dibeli, memilih jenis makanan yang sehat dan digemari dan sebagainya. Pernah berfikir seperti ini, kita akan membeli baju. Masuk ke toko baju melihat baju model pertama, kedua dan seterusnya. Lama-lama memilih, ekh justru jatuh pada pilihan yang pertama.

Memilih sesuatu akan lebih mudah jika diantara pilihan tersebut terdapat opsi yang tidak terlalu banyak atau jumlahnya dibatasi. Kita tidak terlalu dipusingkan dengan pilihan-pilihan yang lainnya. Jika kita sudah menjatuhkan sebuah pilihan, alangkah baiknya kita tidak mencari pilihan yang lainnya yang lebih baik sekalipun. Yang perlu kita lakukan adalah tentang bagaimana menjadikan pilihan pertama kita terus terasa indah dan cantik untuk kita secara pribadi. Karena begini, setelah kita menjatuhkan pilihan kita ke si A misalkan, kemudian kita kecewa akan tingkah lakunya, kemudian kita mencari pilihan yang lainnya dan mendapatkan si B. Dengan seringnya kita membuat sebuah pilihan-pilihan baru, maka kita akan senantiasa memilih dan tidak akan puas dengan sebuah pilihan.

Yang perlu dilakukan adalah bukan bagaimana caranya memilih sesuatu yang terbaik, tapi tentang bagaimana menjadikan sesuatu yang sudah kita miliki menjadi lebih baik. Bisa jadi “dia” kurang baik karena tidak ada yang merubahnya ke arah yang lebih baik, dan jika kita yang mengetahui hal tersebut jika tidak kita rubah maka akan selamanya seperti itu-itu saja. Jadi intinya mensyukuri adalah hal pertama yang harus dilakukan untuk sebuah pilihan. Karena dengan suatu hal akan sangat bermanfaat jika kita dapat mensyukuri hal tersebut.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Salam TulisanTulisan.COM ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.