Belajar Bahasa Baru itu Seperti Bayi

Bahasa merupakan media yang dilakukan setiap manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Itu memungkinkan didunia ini terdapat beragam bahasa dan setiap negara itu pasti berbeda-beda. Alasannya bisa saja dari proses penyebaran manusia pertama yang melanglang alam bumi raya ini. Setiap orang bisa berbahasa hasil dari didikan orang tuanya, sehingga berbahasa ini merupakan sebuah budaya turun-temurun dari setiap golongan.

Cara yang paling efektif untuk menurunkan atau mengajarkan sebuah bahasa adalah ketika seorang anak berumur ketika ia mampu berucab sepatah kata. Imajinasinya yang masih aktif dan awas akan memudahkannya untuk menyerap segala sumber informasi yang ia terima, termasuk bahasa yang digunakan oleh orang disekitarnya. Maka dari itu, cara yang paling efektif untuk membuat seorang anak mampu menguasai beragam bahasa dilakukan harus sedini mungkin.

Pengalaman penulis yang kini sudah duduk dibangku kuliah mulai mengenal apa yang namanya bahasa asing baru, bahasa Arab. Di fakultas penulis diwajibkan setiap mahasiswa mampu menguasai bahasa Arab, meski tidak secara menyeluruh dan minimal bisa bercakap secara sederhana. Dan karena bahasa tersebut masih asing dan belum pernah penulis coba untuk mempelajarinya, penulis serasa seperti kecil lagi yang mulai dikenalkan bahasa oleh orang tua.

Namun saat ini keadaannya berbeda, jika ketika kecil bisa dengan mudah mengembangkan imajinasi secara bebas, namun kali ini meski mempelajarinya dengan beban lain. Belajarnyapun tidaklah sama, kali ini penulis memang dituntut untuk mencari referensi sendiri dan menjadikan kelas sebagai media sharing ilmu yang telah didapatkan. Memang sungguh berbeda cara belajar dari setiap tinggatannya.

Namun apa boleh buat, itu semua memang konsekuensi yang harus penulis ambil atas alasang mengapa penulis melanjutkan kuliah ke Universitas yang notabene Islami. Semoga semuanya lancara dan sesuai rencana, ameen. Do’ain yah sobat TulisanTulisan.COM, sampai berjumpa lagi dilain artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.