Kesibukan Menjauhkan Kedekatan

Setiap orang yang hidup pasti memiliki atau melakukan kegiatan, entah itu yang sifatnya pribadi ataupun kegiatan yang sifatnya menyangkut orang banyak. Kebutuhan seseorang akan kehidupannya menjadiakan ia senantiasa mencari dan berusaha untuk mencapainya. Kebutuhan inilah yang sifatnya menjadi sebuah prioritas utama. Menjerumuskan diri untuk mendapatkan penghasilan guna sebagai modal untuk bisa terus menjalani hidup ini.

Menjadi sibuk adalah pilihan yang tidak bisa dibandingkan dengan yang hal yang lainnya. Setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing mulai dari anak-anak yang senang bermain, pelajar dengan sekolahnya, mahasiswa dengan tugas-tugas kuliahnya, seorang ayah yang sibuk mencari nafkah dan lain sebagainya. Tanpa sadar kesibukan inilah yang justru menjauhkan diri dari kedekatan antar keluarga, kerabat atau teman. Tidak jarang orang lebih memilih kesibukannya ketimbang berkumpul atau reunian dengan teman-teman lamanya.

Pengkondisian, pengaturan waktu sampai membuat algoritma kehidupan yang harus dibuat agar tidak beradu antara kesibukan yang satu dengan kesibukan yang lainnya. Apapun bentuk kesibukan yang senantiasa menyelimuti didalamnya pastilah ada sebuah waktu atau celah kosong yang bisa diisi dengan kegiatan yang lainnya. Meski memang untuk menggapai ruang kosong tersebut tidaklah mudah. Didalamnya terdiri hambatan dari diri yang biasa disebut rasa malas atau memang kemampuan untuk pengaturan diri yang belum bisa menguasai keadaan.

Entah apapun itu yang disebut kesibukan, setiap orang pasti memiliki dan pasti mampu mengendalikannya dengan jalannya sendiri. Entah itu kesibukan yang dibuat-buat atau sengaja menjadikan kesibukan seakan sesuatu yang biasa untuk dilewati dan tidak menjadikannya beban pemikiran. Apapun itu keunikan untuk menghadapi kesibukan pastilah dimiliki oleh setiap orang. Semoga setiap kesibukan yang kita hadapi tidak menjadikan sesuatu yang dekat menjadi menjauh. Artinya silaturahmi yang harus terjaga dan terjalin jangan sampai terputus. Memberi pengertian mungkin bisa meredakan dampak dari kesibukan yang harus diterima seseorang.

Satu pemikiran pada “Kesibukan Menjauhkan Kedekatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.