Bupatiku Malang, Akankan Ditahan?

Pasca kematian H. Endang Sukandar, konstelasi politik di Kabupaten Sumedang benar-benar mengalami perubahan yang signifikan. Hal itu ditandai dengan pro kontranya pengangkatan Ade Irawan menjadi Bupati Sumedang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Kasus dugaan korupsi di Cimahi yang disinyalir melibatkan Wabup Ade Irawan sudah lama terendus kasusnya sejak 2012 silam. Di awal tahun 2013 pun, kejari Cimahi sudah menetapkan tersangka.

Tapi, pucuk dicinta ulam pun tiba, enam bulan Ade Irawan menjabat sebagai Wabup kemudian menjadi Bupati, kasus tersebutpun seolah mencuat kembali dan menemui babak baru. Banyak diantara LSM dan Ormas sampai ketua parpolpun meneriakan untuk mengusut kasus korupsi yang diduga melibatkan Ade Irawan ketika beliau menjabat jadi ketua DPRD Kota Cimahi.

SBY pun kemarin sampai turun tangan untuk mengunjungi Sumedang, tentunya bukan kapasitasnya sebagai ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang menemui kadernya yang menjadi bupati Sumedang. Akan tetapi kedatangan SBY ke Sumedang kapasitasnya sebagai Presiden yang tengah melakukan kunjungan kerja ke daerah.

Satu, dua hari pasca kedatangan presiden SBY ke Sumedang, tiba-tiba tersiar kabar di media kalau Ade rabu besok, atau tepatnya hari ini, karena postingan ini dibuat sudah melebihi tengah malam, Ade Irawan dipanggil oleh kejari Cimahi.

Kemudian kita akan menilai, bagaimana nasib Kabupaten Sumedang jika pemimpinnya bermasalah dan sejauh ini juga, jika pemimpinnya bermasalah, tak ada wakilnya yang hendak menggantikan, karena sampai saat ini pasca pelantikan Ade Irawan, belum ada pengusulan wakil bupati yang diambil atas rekomendasi partai pengusung.

Tapi, dengan dipanggilnya Ade oleh Kejari Cimahi, bukanlah akhir segalanya, karena Ade sejauh ini belum terbukti dan belum adanya kekuatan hukum yang mengikat yang mampu menghentikan Ade Irawan dari jabatannya selaku Bupati Sumedang.

Bagaimana selanjutnya? Selamat menyaksikan saja kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.